Senin, 07 September 2020

Kumpulan Firman Tuhan Tentang Kasih


FIRMAN TUHAN TENTANG KASIH
Kasih Sejati Telah Allah Berikan

Bacaan: Yohanes 3:16-21
Karena begitu besar kasih Allah dapat dunia ini, supaya Ia sudah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya tiap-tiap orang yang yakin kepada-Nya tidak binasa, melainkan meraih hidup yang kekal.
Yohanes 3:16
Setiap orang pasti punya kasih dan bersama dengan kasih yang dimilikinya itu ia  dapat mengasihi sesamanya. Namun kadang waktu kami sebagai manusia hanya sudi mengasihi orang yang dekat bersama dengan kami seperti keluarga atau pasangan hidup atau hanya mengasihi sesama yang berasal berasal dari latar belakang yang sama. Bahkan kadang waktu kami hanya sudi mengasihi orang yang mengasihi kami saja. Bukankah kami terlampau egois terkecuali hanya berbuat demikian?
Dalam Markus 12:30-31 dijelaskan bahwa kami perlu mengasihi sesama kami tanpa lihat keadaannya mirip seperti kami mengasihi Allah dan mengasihi diri kami sendiri. Kasih kepada sesama mampu ditunjukkan lewat segala tindakan kita. Tanpa tindakan yang nyata, segala hal tentang kasih hanya omong kosong belaka.
FIRMAN TUHAN TENTANG KASIH
variety.com
Namun, tindakan yang didasari oleh alasan tidak benar termasuk mirip buruknya. Misalnya mengasihi karena orang itu mengasihi kami khususnya dahulu atau mengasihi karena orang itu tetap ada dan menunjang kami waktu membutuhkan. “Aku mengasihi dia karena dia mengasihi aku” atau “Aku tidak mengasihi dia karena dia tidak mirip denganku”. Seringkali manusia berpikir seperti ini. Hal ini memicu manusia jadi lupa basic dan alasan mengapa kami perlu mengasihi sesama kita. Kita mengasihi sesama kami karena Tuhan khususnya dahulu mengasihi kita.
Secara umum, ada beberapa kasih yang perlu kami ketahui. Kasih itu antara lain Filia (brotherly love), Eros (romantic love), Storage (motherly love) dan termasuk kasih Agape. Filia merupakan kasih persahabatan di antara saudara atau teman. Kasih ini secara alami dapat terlihat terkecuali kami merasa nyaman bersama dengan seseorang karena ada keselarasan atau kesamaan sifat. Eros merupakan kasih yang terjalin di antara pasangan lawan jenis. Kasih ini terlihat karena danya permintaan untuk saling punya dan menikmati secara egosentris. Storage merupakan kasih yang diberikan orang tua kepada anaknya. Kasih ini secara alamiah terlihat antara orang tua dan anak-anak bahkan mampu terlihat antar saudara atau antar pasangan suami istri. Kasih storage merupakan kasih yang penuh kebaikan, pengorbanan dan kesungguhan hati.
Ketiga model kasih itu merupakan kasih yang waktu karena kasih selanjutnya tidak didasari atas kasih Allah. Terkadang ketiga kasih selanjutnya mampu saling kenakan satu mirip lain bahkan mampu saling menyakiti. Lalu apakah ada kasih sejati yang tidak dapat menyakiti? Tentu saja ada. Kasih itu adalah kasih Agape. Agape merupakan kasih yang paling agung dan paling besar yang manusia terima. Kasih ini merupakan kasih Bapa di sorga kepada anak-anakNya. Ini terbukti waktu Bapa di sorga mengaruniakan anakNya yang tunggal supaya kami manusia yang berdoa diselamatkan.
Kasih sejati hanya mampu kami peroleh berasal dari Allah. Salah satu wujud kasihNya kepada kami adalah waktu Yesus sudi mati di kayu salib untuk menebus dan membayar dosa kami supaya kami mampu meraih keselamatan. Bukankah tidak ada kasih yang lebih besar berasal dari kasih yang Allah memberikan kepada kita?
Kasih yang diberikan oleh manusia suatu waktu mampu hilang. Kasih yang diberikan itu termasuk mampu dimanfaatkan demi keuntungan semata saja bahkan kasih yang diberikan manusia hanya berbentuk sementara. Beda halnya bersama dengan kasih yang Allah berikan. Kasih yang Allah memberikan merupakan kasih sejati yang tidak dapat pernah hilang dan berbentuk kekal. Oleh karena itu, terkecuali kami melacak kasih sejati itu, rasakanlah kasih yang sudah Allah memberikan dalam hidupmu. Tuhan Yesus memberkati.


EmoticonEmoticon