Jumat, 04 September 2020

Pengertian Dosa Dalam Agama Kristen dan Hukuman Allah


Hukuman berasal dari Allah - Dosa merupakan salah satu bentuk pelanggaran cinta kasih terhadap Tuhan ataupun terhadap sesama yang dapat sebabkan putusnya jalinan terhadap manusia bersama dengan Allah. Pelanggaran yang dapat dilakukan oleh manusia ada berbagai macam dan salah satunya adalah dikala manusia tidak puas mengikuti perintah Allah di dalam hidupnya. Umumnya dosa yang membelenggu manusia dapat berlangsung gara-gara manusia lebih mencintai dirinya sendiri dibandingkan mencintai Tuhan supaya menghindari dirinya berasal dari cinta kasih Allah.
Apa itu Dosa?

Apa itu Dosa dan Hukuman Dari Allah
jw.org
Dosa dipandang sebagai sesuatu yang tidak sesuai bersama dengan tekad Tuhan baik di dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan. Alkitab menjelaskan dosa merupakan bentuk ketidaktaatan manusia di dalam hubungannya bersama dengan Tuhan di mana ketidaktaatan itu ada di dalam bentuk pemberontakan dan pelanggaran manusia.
Sejak Adam dan Hawa jatuh ke di dalam dosa, seluruh manusia yang ada di bumi ini tidak ada yang tidak berdosa. Perjanjian Lama menjelaskan terkecuali manusia berharap terbebas berasal dari hukuman Allah akibat dosa yang sudah diperbuatnya, maka manusia perlu mempersembahkan korban penghapusan dosa dan korban penebus salah. Korban yang dapat dipersembahkan terhadap sementara itu adalah hewan seperti kambing domba. Namun, di dalam Perjanjian Baru disebutkan bahwa manusia tidak lagi perlu mempersembahkan korban gara-gara Kristus sudah mati di kayu salib sebagai bentuk penebusan atas dosa manusia.
Penggolongan Dosa

Dosa daat digolongkan menjadi sebagian bentuk. Adapun penggolongan dosa adalah sebagi berikut:
Dosa menurut objeknya

Dosa menurut kebajikan yang bertentangan dengannya

Dosa menurut perintah yang dilanggarnya

Dosa yang dilakukan secara langsung baik terhadap Allah, terhadap sesama maupun terhadap diri sendiri

Dosa rohani atau jasmani

Dosa di dalam pikiran, perkataan, kelakuan ataupun dosa yang diakibatkan gara-gara kelalaian

Bobot Dosa
Macam Macam Dosa

Dosa yang dilakukan oleh manusia pun ada berbagai macam. Dosa dapat dibagi menjadi sebagian tingkatan menurut bobot dosa yang diperbuat. Adapun bobot dosa tersebut terhadap lain:
1. Dosa Berat

Dosa berat merupakan dosa yang melawan kasih secara langsung dan juga menghancurkan kasih itu sendiri supaya Tuhan tidak lagi dapat bertahta di di dalam hati manusia. Suatu dosa dapat dikategorikan sebagai dosa berat terkecuali memenuhi sebagian kriteria tersebut ini.
Pelanggaran terhadap 10 Perintah Allah

Dilakukan bersama dengan kesadaran penuh dan memahami terkecuali apa yang diperbuat adalah dosa.

Dilakukan atas persetujuan yang sudah dipertimbangkan sebelumnya.
2. Dosa ringan

Dosa ringan adalah suatu kelakuan yang melepaskan kasih itu selamanya ada tetapi lakukan tindakan yang melukai dan memperlemah kasih yang ada di dalam hatinya. Dosa ringan yang dilakukan secara berkelanjutan menerus tentu saja akan mempunyai seseorang jatuh ke di dalam dosa berat.
3. Dosa partisipasi

Dosa merupakan suatu tindakan tertentu tetapi tidak menutup mungkin juga terkecuali dosa tersebut dapat dilakukan secara bersama dengan akibat bentuk partisipasinya lakukan tindakan dosa bersama dengan bersama dengan orang lain. Dengan kata lain, seseorang akan dikatakan lakukan dosa partisipasi terkecuali ia lakukan pembiaran atas terjadinya dosa yang dilakukan oleh orang lain. Beberapa bentuk dosa partisipasi terhadap lain:
Ikut mengambil alih bagian di dalam dosa yang dilakukan oleh orang lain secara langsung dan sukarela.

Membenarkan dosa yang dilakukan oleh orang lain.

Menutupi dan tidak halangi dosa yang dilakukan oleh orang lain.

Melindungi orang lain berasal dari dosa yang sudah diperbuatnya.
Hukuman Allah atas dosa yang terdapat di dalam Alkitab

Allah adalah kasih, penuh rahmat dan penuh kasih setia. Namun, Allah juga maha adil. Ia akan menghukum manusia yang lakukan dosa terhadapNya dan yang tidak menuruti segala perintahNya. Di di dalam Alkitab, Tuhan sudah menuliskan perintahNya dan manusia perlu menaati perintah tersebut.
Namun, manusia berulang kali jatuh ke di dalam dosa dan tidak mengindahkan periintah Allah. Di di dalam Alkitab sudah disebutkan bahwa Allah banyak beri tambahan hukuman kepada umat yang tidak setia kepadaNya. Berikut ini hukuman yang dulu Allah memberikan kepada manusia.
1. Manusia mengalami kematian dan penderitaan

Salah satu hukuman yang Tuhan memberikan kepada manusia gara-gara manusia lakukan dosa yaitu kematian dan penderitaan. Hukuman ini pertama kali Allah memberikan dikala Adam dan Hawa jatuh ke di dalam dosa. Setelah Adam dan Hawa jatuh ke di dalam dosa, ada tiga hukuman yang Allah memberikan yaitu kematian rohani, kematian jasmani dan penderitaan hidup.
Kematian rohani bermakna manusia menjadi terpisah bersama dengan Allah sebagai akibat berasal dari dosa yang sudah diperbuat. Kematian jasmani bermakna manusia akan mengalami kematian fisik dan lagi lagi kepada Allah. Penderitaan hidup yang Allah memberikan sebagai akibat berasal dari dosa juga akan dirasakan manusia sepanjang hidupnya.
2. Air bah yang melanda seluruh bumi

Hukuman setelah itu yang Allah memberikan kepada manusia sebagai akibat berasal dari dosa yang dilakukan yaitu air bah yang melanda seluruh bumi. Alkitab menjelaskan bahwa Tuhan turunkan air bah ke atas bumi gara-gara manusia menjadi jahat di mana hati manusia hanya cenderung untuk lakukan kelakuan jahat yang tidak puas di hadapan Allah. Karena kecewa yang dirasakan Allah maka Allah memusnahkan seluruh manusia beserta seluruh isinya bersama dengan air bah.
3. Pembangunan menara Bebl yang digagalkan

Setelah hukuman berbentuk air bah, ternyata manusia berkelanjutan lakukan kelakuan dosa. Salah satu kelakuan dosa yang dilakukan oleh manusia yaitu etika manusia membentuk menara babel yang tingginya capai langit seakan-akan manusia berharap menyamai Allah. Hal ini dipandang sebagai suatu dosa besar supaya Allah menggagalkan pembangunan menara Babel dan menyerakkan seluruh manusia.
4. Sodom dan Gomora dimusnahkan

Sodom dan Gomora merupakan dua kota yang terkenal gara-gara dosa mereka di hadapan Allah. Karena itu Allah menghukum manusia yang ada disana bersama dengan memusnahkan Sodom dan Gomora.
5. Tulah kepada bangsa Mesir

Salah satu hukuman yang Allah memberikan adalah bersama dengan mendatangkan tulah ke atas bangsa Mesir. Ada 10 tulah yang Allah berikan. Tulah yang Allah memberikan sudah tentu berharap sebabkan bangsa Mesir memahami dan melepaskan bangsa Israel berasal dari perbudakan.
6. Sebagian besar orang Israel tidak masuk ke Tanah Terjanji

Tuhan menolak sebagian besar orang Israel gara-gara sementara di padang gurun mereka memberontak kepada Allah. Akhirnya Allah menjadi murka dan membunuh orang-orang yang memberontak kepadaNya.
Hukuman Allah terhadap manusia yang lakukan dosa terhadap sementara ini
Karena Allah itu adil, tentu saja hingga sementara ini Allah akan beri tambahan hukuman bagi umat yang tidak setia kepadaNya. Ia mengadili tiap tiap orang yang ada di bumi ini bersama dengan adil. Adapun hukuman yang akan Allah memberikan sebagai akibat berasal dari dosa yang dilakukan oleh manusia yaitu.
Kehilangan kasih Allah

Tidak meraih keselamatan

Jauh berasal dari penyertaan Allah

Kembali hidup di di dalam dosa

Hilangnya berkat Allah
Manusia adalah makhluk berdoa. Manusia seringkali hidup bersama dengan tidak seturut bersama dengan tekad Allah. Karena dosa inilah, manusia menjadi jauh berasal dari Allah. Karena Allah itu adil, maka Ia akan beri tambahan hukuman kepada manusia atas tiap tiap dosa yang sudah diperbuatnya dan manusia perlu mempertanggungjawabkan dosa itu. Demikianlah artikel tentang hukuman berasal dari Allah. Kiranya artikel ini dapat menjadi berkat bagi kita semua.


EmoticonEmoticon